Untuk rekan-rekan
yang baru belajar memakai mikrosoft office terutama adik-adik yang baru
belajar, kali ini saya akan menjelaskan dan memberikan tutorial dasar
mengoperasikan atau menggunakan MS Word ini. Sebelumnya akan saya jelaskan
tentang MS word sendiri, jadi Menurut Wikipedia MS Word adalah perangkat
pengelolah kata andalan microsoft. Pertama diterbitkan pada tahun 1983 yang
bernama multi tool word untuk xenix.
Microsoft sendiri
sangat penting bagi keseharian kita di berbagai kalangan misalkan digunakan
sebagai menulis tugas, menulis skripsi, membuat undangan, dan membuat surat
surat lainnya. Sangat penting untuk rekan semua mengetahui dasar dasar
pengoperasian ms word bagi anda atau adik adik yang baru belajar ms word.
Tutorial pertama
yang saya buat yakni cara membuka ms word dan cara menyimpan ms word. Jadi ms
word yang saya gunakan disini adalah ms word 2013 dan sistem operasi windows 10,
pada dasarnya semua ms word sama hanya tampilan saja yang berbeda dan
penambahan fitur tertentu.
Cara membuka ms
word
1. Langkah pertama, Cara
membuka Ms Word di Windows 10. Pada intinya semua cara membuka semua aplikasi
microsoft office sama, Pilih Menu WINDOWS Pilih Folder MICROSOFT OFFICE 2013.
2. Langkah Kedua, di
dalam folder microsoft office terdapat semua aplikasi dari microsoft office
kali ini kita belajar tentang ms word jadi kita pilih MS WORD.
3. Langkah Ketiga,
saat pertama membuka aplikasi ms word akan muncul seperti gambar dibawah pilih BLANK DOCUMENT.
4. Dan di
sinilah kalian mulai mengetik atau membuat dokumen berupa surat atau yang
lainnya.
Setelah kita
belajar membuka ms word sekarang kita coba untuk mensave atau menyimpan hasil karya yang kita
buat di ms word tadi.
Cara menyimpan
file baru
1. Langkah Pertama, Pilih FILE.
2. Langkah Kedua, pilih SAVE AS >> COMPUTER >> BROWSE.
3. Langkah Ketiga, akan muncul
jendela save as dan pilih file tujuhan untuk menympan hasil karya kamu, kasih nama dulu karya kamu stelah itu pilih SAVE.
Cara menyimpan
file yang sudah diedit
Jika anda sudah
memiliki file ms word dan anda ingin mengeditnya setelah dan selesai mengedit anda
akan menyimpan file tersebut. Caranya mudah pilih file di pojok kiri atas
kemudian pilih SAVE, atau bisa juga dengan tombol CTRL + S pada keyboard.
Menyimpan file
yang di edit beda folder
Jika anda
mengedit dokumen kemudian ingin menyimpannya menjadi dokumen yang berbeda anda
bisa pilih SAVE AS.
1. Langkah Pertama, Pilih FILE.
2. Langkah Kedua, pilih SAVE AS >> COMPUTER >> BROWSE.
3. Langkah Ketiga, pilih file tujuhan untuk menympan hasil perubahan, kasih nama setelah itu pilih SAVE.
Semoga Bermanfaat.